Jumat, 08 Mei 2009

e-ticketing

Pergembangan teknologi dan internet sangat memanjakan manusia. Kenapa saya mengatakan begitu? mari saya jelaskan, teknologi semakin berkembang, dari dulu manusia mencuci dengan tangan namun sekarang ada namanya mesin cuci, di ciptakan nya robot yang bisa bereskpresi seperti manusia dan bisa menyapu, memasak dan lain sebagainya seperti manusia dengan menanamkan chip kecil. sedangkan perkembangan internet lebih lagi memanjakan manusia apalagi dalam hal mencari nafkah/uang. orang cukup duduk manis didepan komputer untuk berdagang yaitu e-business/e-commerce, ada e-ticketing/e-booking/e-travel untuk pesanan/booking, e-payment pembayaran lewat web, e-training, e-studying dan sekarang susah di kembangkan adanya pendaftaran sekolah untuk anak-anak sekolah SD,SMP dan SMA khusunya sekolah negeri.


Nah, dari sekian banyak e diatas tersebut, yang saya bawakan adalah e-ticketing. sebelumnya kita harus ketahui dulu apa itu sih e-ticketing. e susah jelas ya bagi kita semua yaitu online/internet. sedangkan ticketing, untuk orang yang tidak pinter bahasa inggris juga tahu bahwa ticketing adalah pesan ticket, memesan. jadi secara sederhana e-ticketing adalah pesanan ticket secara online.


di Indonesia khusunya ada beberapa maskapai penerbangan(Airlines) yang menggunakan e-ticketing antara lain yaitu Garuda, Mandala, Batavia, Airasia. contoh yang saya lampirkan adalah AirAsia. Airasia telah dilengkapi dengan 16 macam bahasa negara, ada Indonesia, Japan, Korea, Perancis dan lain sebagainya terutama bahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional.


Form dari Airasia sangat sederhana simple dan prosesnya juga cepat. kalau kita berbicara soal sederhana dan cepat tidak terlepas dari keinginan manusia yaitu mencari kerja yang sederhana tapi gaji tinggi, orang selalu berkeinginan kerja dengan cepat tetapi kadang-kadang ada salah. hehehe muncul pertanyaan ada hubungan dengan e-ticketing?? ada sedikit hubungan dimana ada salah pasti ada benar, ada polisi pasti ada penjahat, ada guru/dosen pasti ada murid/mahasiswa, ada baik pasti ada buruk, ada kelebihan pasti ada kelemahan.


Apa aja sih kelebihan e-ticketing?

jelas ya konsep e-ticketing merupakan turunan dari e-commerce yaitu paperless. paperless bukan berarti tidak menggunakan kertas tetapi memperkecil penggunaan kertas. sebelum menggunakan e-ticketing tiket pesawat kita separti buku tiket yang setebal 3-4kertas tetapi dengan menggunakan e-ticketing cukup selembar kertas kecil, apalagi kalau unik ya bisa dijadikan bahan koleksi hahaha menarik bukan???


kalau uda paperless pasti akan menurunkan biaya produksi dimana 1 buku ticket terdiri dari 3-4 kertas dengan biaya produksi $10 tetapi dengan menggunakan e-ticketing karena hanya perlu 1 kertas sehingga biaya produksi menjadi $1.


lebih efisien pastinya. dimana letak efisien nya?? kalau tanpa menggunakan e-ticketing 1 buku tiket terdiri dari 3-4 kertas tetapi dengan e-ticketing cukup 1 kertas, nah disini letak efisien nya dimana tanpa e-ticketing 1orang=3-4kertas. tetapi dengan e-ticketing sudah bisa digunakan oleh 3-4orang.


Ada kelebihan pasti ada kelemahan, apa aja sih kelemahannya??

saya yakin semua orang yang berpendidikan tinggi pasti mengetahui apa itu komputer/inetrnet. tetapi dunia sangat besar, tidak semua orang mengenal apa itu komputer apalagi internet. contoh orang tua saya sendiri tidak mengetahui apa itu komputer dna pos system akan tetapi karena usahanya membuka mini market padahal akhinya mereka belajar, setidaknya tahu cara membuka, menggunakan serta menutup nya.


tidak semua orang merasa nyaman "comfortable" menggunakan e-ticketing.


infrastuktur komunikasi yang kurang memadai, saya sendiri pengguna layanan speedy akan tetapi sering macet/lelet pada siang hari dan pada waktu tertentu malah server down.

apalagi pada sekarang ini, kita terkena musibah pemadaman listrik dan hal ini sangat menganggu proses bisnis e-ticketing ini.


dan yang terkahirnya menurut saya, tahukah Anda tentang e-ticketing??? jika Anda tahu, Anda susah menggunakan nya???


0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Dresses. Powered by Blogger